Apa itu Speaker Monitor dan Speaker Multimedia


Seringkali banyak sound enginner pemula yang kebingungan membedakan Speaker monitor dan Speaker Multimedia. Banyak juga yang masih awam dengan istilah Speaker Monitor, lalu ada yang berpendapat bahwa "recording itu yang penting punya speaker" ini merupakan suatu hal yang masih di ributkan oleh para newbee alias Pemula. Di antara kaum Sound Enginner Pro pun kadang memandang Speaker itu tidak harus bagus tapi sekenanya telinga, dan yang penting suara yang di keluarkan speakernya enak di dengar. ini adalah pendapat yang salah !





Oke deh saya akan bahas soal "Apa itu Speaker Monitor?" dan apa bedanya dengan "Speaker Multimedia". Simak baik-baik yah para Sound Enginner dari mulai pemula sampai yang udah pro tapi masih pake speaker multimedia.

Speaker Monitor
Speaker Monitor adalah Speaker yang mengeluarkan suara mentah dari awal memulai aktifitas  recording, atau istilah banyak orang suaranya terdengar "Flat" atau tidak ada yang di lebih-lebihkan alias JUJUR, dari segi hi-low atau kebanyakan orang taunya treble-bass. Maka bila di dengar secara detail suara mentah sementah - mentahnya, asli. Lebih detailnya Speaker Monitor ini berfungsi untuk menggambarkan dimana keluaran suara berada.

Jika masih belum paham gini deh, kalian pasti pernah nonton konser musik (yang belum wajib nonton, karena akan lebih sulit memahaminya). Nah, kalian pasti lihat di depan Stage pasti ada Tenda yang di penuhin di dalamnya mixer dan equalizer. Kalian pasti bertanya kenapa harus di depan tidak di belakang? jawabannya adalah untuk membalancing sound yang berada di atas panggung agar terdengar enak oleh penontonnya. Nah, Speaker monitor ini sama halnya dengan kita melihat di atas stage ada pemain gitar berada di sebelah kiri dan kanan, pemain Drum berada di belakang namun posisinya di tengah (Center) , posisi Vokalis Berada di tengah tapi di depan. pemain bass di posisi tengah sejajar dengan drum namun di belakang vokalis, dan pemain Keyboard sejajar dengan drum berada di belakang. dan suara dari masing-masing alat terdengar persis sesuai dengan posisinya.

Inilah gambaran Speaker monitor yang membantu menata letak dimana posisi para pemain pada saat proses Recording dan penting untuk kalian para Sound Enginer  Mendengarkan hasil akhir dari sebuah lagu akan terasa berbeda ketika kita mendengarkannya menggunakan speaker multimedia? Mengapa demikian? Simak Lebih dalam lagi !

Speaker Multimedia
Speaker multimedia adalah Speaker yang mengeluarkan suara dengan tidak jujur, kenapa Speaker Multimedia di anggap tidak jujur? Penjelasannya adalah ketika kita mendengarkan lagu hasil recording kita atau lagu orang lain akan terasa beda dari "speaker multimedia 1" ke "Speaker multimedia 2" dengan merk yang berbeda dan seri yang berbeda. kalo kalian tidak merasakan perbedaannya kalian pasti bohong atau mungkin ada masalah dengan telinga kalian (segera periksalah ke Dokter THT) hehe.. Hal ini di sebabkan oleh frekuensi yang di timbulkan setiap speaker multimedia berbeda, karena ada yang menonjolkan Hi / Treble seperti speaker multimedia yang kecil biasanya sering kita temui di warnet atau di tempat print yang ada di photo copyan. Dan ada juga yang menonjolkan Low/Bass (ultra Bass) seperti keluaran SImbada cst 5000 atau banyak merk China seperti Advan atau Vivan yang tak kalah canggih dengan fiturnya. (bukan lihat fiturnya tapi kualitas yah) Speaker seperti yang di sebutkan tadi sudah banyak orang punya di Kamar kostannya hanya sekedar untuk mendengarkan lagu (sambil lompat-lompat saking jonesnya) wkwk..

Jadi.. intinya bagi kalian yang Sound Enginner pastikan kalian punya yang namanya Speaker Monitor Flat di Ruangan Recording kalian, di jamin ngebantunya bukan 100% lagi tapi 1000%, tapi ga usah khawatir buat kalian yang masih kumpulin dana buat beli Speaker Monitor kalian masih bisa  pakai Speaker Multimedia cuma pastiin telinga kalian bener-bener adaptasi dengan Speakernya Caranya sih gampang, Dengerin aja lagu yang berbeda-beda setiap harinya sampai telinga kalian bener-bener
tau titik lemah dan lebihnya frekuensi yang harus di kejar dalam kebutuhan mixing tapi dengan syarat speaker multimedianya yang udah ada bassnya nah atur bassnya di jarum 12 atau 1/2nya bila knocking, jika digital biarkan bassnya di titik 0, bila ada pengaturan treble jangan di naik turunkan biarkan pada aturan pabriknya.

Recommended Speaker monitor saya pribadi sih menyarankan 3 kriteria untuk pemula yaitu:
  1. DS5 Acoustic kisaran harga 1.35 jt (newbee class) 
  2. Kurzweil ks40A kisaran harga 1,7jt (newbee class medium)
  3. Samson Media One 3a kisaran harga 1,4jt (newbee class)
  4. Mackie Cr4 Kisaran harga 2,2 (Newbee - Semi pro)
 Recommended Speaker Multimedia saya pribadi menyarankan brand "Simbada Cst xxxx"  bebas sih seri typenya yang penting simbada, kisaran harganya dari mulai 350rb sampe 800rb, kalo ukuran multimedia suaranya udah gurih-gurih nyoooi deh kalo brand Simbada, type lain ada sih cuma kalo buat brand china jangan dulu deh yah mending nabung, kalo punya "Headphone Monitoring" lebih baik dan membantu juga meringankan pekerjaan studio.

Balik Lagi ke Selera masing-masing dan sesuaikan juga dengan kebutuhan
Bila Ada pertanyakan silahkan kirimkan di komentar yah? saya akan jawab pertanyaan kalian sesuai dengan Ilmu dan Pengalaman saya

Komentar

  1. Kalau Handset monitor,bisa jamin ok ga bg

    BalasHapus
  2. Kak maaf nih sebelumnya. Saya lagi nyari speaker buat dengerin lagu aja kak. Buat di kantor. Dan pasti 100% untuk setel lagu. Apakh cocok speaker monitoring buat dengerin lagu sehari hari. Biar suasan kntor enak.

    BalasHapus
  3. Tanya dong gan... Kalau untuk keyboard di studio itu pake speaker monitor flat ini jg ya?

    BalasHapus
  4. Mantap gann jadi ngerti saya 👍👍

    BalasHapus
  5. Kalo ane cari speaker monitor buat disambungin ke efek digital BOSS GT1 enaknya pake apa ya min?

    BalasHapus
  6. Karna belum bisa beli speaker monitor, Alhamdulillah telinga ane udah beradaptasi sama speaker Pioneer XV - GX3

    BalasHapus
  7. Saya mau beli, membedakan fisiknya (hardware/non-sound) bagaimana ya, Gan?

    BalasHapus
  8. bang kalo speaker logitech bagus gak?

    BalasHapus
  9. Kalo Untuk Mendengarkan musik mp3 / youtube Lebih enak pakai SPEAKER MONITOR apa SPEAKER MULTIMEDIA Ya? TQ🙏.

    BalasHapus
  10. Karena saya suka model dr speaker monitor bisa nggak box speaker monitor dijadikan speaker aktif ??

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dasar - Dasar Home Recording