Dasar - Dasar Home Recording

Langkah awal ketika kita memutuskan masuk dalam dunia recording atau istilah kerennya "Sound Enginner" yang sudah tak asing lagi, Jika kalian adalah seorang Newbee (Pemula) atau anak kostan yang hobinya murang maring berantakin kamar ga jelas mending kalian dekor kamar kalian. Ngga perlu dana besar ko, simak terus yah !

Perkembangan jaman yang mulai di hiasi keajaiban teknologi di sekitar kita membuat banyak orang  ingin menciptakan segala sesuatunya sendiri dengan memanfaatkan alat yang ada. Banyak orang yang beranggapan biaya rekaman itu terhitung cukup mahal di jaman sekarang per Shiftnya , jadi tidak aneh bila akhirnya kita memutuskan untuk tetap rekaman dengan alat seada - adanya di iringi kondisi dompet kita.

Pasti di antara kalian ada yang bertanya "bagaimana dengan kualitas?" Saya tekankan bahwa kita hanya memanfaatkan alat yang ada untuk memulai rekaman, so pasti hasil akan jauh berbeda dengan kelas Studio Recording Pada Umumnya, Nanti saya akan bagikan di tulisan selanjutnya soal edit,balance,mixing dan mastering untuk soal meningkatkan kualitas audio.

Lalu apa saja yang di butuhkan Newbee (Pemula) untuk bisa memulai rekaman?
berikut alat yang di butuhkan :
  1. Satu Unit PC (Personal Computer) CPU , selain itu Laptop bisa menjadi pilihan lain untuk mobile tapi untuk pemakaian laptop saya tidak menyarankan, walau masih banyak yang pakai laptop tapi mitos atau fakta Laptop adalah PC Mobile yang di ciptakan untuk bisa di bawa-bawa jadi ketahanannya pun akan berbeda dengan CPU, mengapa demikian sebab mengapa ketahanan Laptop lebih lemah dari pada CPU adalah dari segi kelistrikan.

    Jika di perhatikan laptop hanya memiliki daya kelistrikan yang tersimpan di batre, itu artinya laptop hanya mampu menyimpan listrik sementara, bila di hubungkan listrik terus menerus sampai 3 hari dengan posisi batre di copot tentu bukan hal yang baik untuk Laptop kita. Bila Batre Laptop Over Charge maka batre akan mengembung sama halnya dengan batre HP, yang bila di cas terus menerus akan terjadi kerusakan pada batre, selain itu bila ada kerusakan komponen lain pada laptop tentu biaya yang di keluarkan tidak akan sedikit mengingat biaya spare part pada laptop yang tidak lagi murah.

    Sedangkan CPU sendiri memiliki daya listrik melalui power suply dan langsung di hubungkan ke listrik, untuk mencegah kerusakan pada komponen penting seperti Harddisk, RAM, dan VGA pada CPU ketika padam listrik dengan tiba-tiba sangat di anjurkan memakai UPS, ini berfungsi untuk menyimpan listrik sementara yang hanya kuat selama 10-15 menit setelah listrik padam, maka ada kesempatan bagi kalian yang sedang mengerjakan pekerjaan bisa terlebih dahulu untuk menyimpan pekerjaannya,jika tidak pekerjaan kalian yang sudah di kerjakan selama seharian atau lebih akan sia sia. Untuk harga UPS ini masih terbilang mahal.

    Namun penggunaan UPS ini tidak terbilang wajib bila anda adalah orang yang mampu menyimpan pekerjaan di setiap waktunya dan bekerja di waktu yang tepat.

    Spek minimal sebuah laptop atau PC yang support untuk recording:
    - Prossecor Core to Duo 2,8ghz
    - Motherboard Asus type apa saja asal jangan pake (amptron atai astron)
    - RAM 2gb DDRII (kingstone atau Scandisk)
    - Hardisk 160gb SATA (Seagate 7200rpm)
    - Power Suply 350watt atau Lebih
    - Vga Onboard / 512mb - 1GB

    Untuk Spek menengah sebuah Laptop atau PC :
    - Prossecor Core i3 2,4ghz (Generasi Terakhir) Atau AMD
    - RAM 4Gb DDR3/DDR4 (Kingstone atau Scandisk)
    - Harddisk 500Gb SATA (Seagate 7200rpm)
    - Power Suply 600watt atau lebih
    - Vga Ati Radeon 750mb - 1GB

    |
  2. Soundcard  / Sound Interface / Mixer Interface
    Ini bagian yang paling penting, tapi untuk pemula kalian bisa menggunakan UCA Behringer 222 kaya gini nih penampakannya
    Soundcard ini di bandrol dengan harga ekonomis kurang lebih sekitar 500 ribuan, buat kalian anak kost sisihin deh uang jajan kalian dari pada nongkrong ga jelas sama temen,mending invest buat modal karya kalian, tapi tenang aja buat kalian yang belum punya modal buat beli ini barang, soundcard onboard yang ada di Laptop Atau PC kalian. kalo ga tau yang mana liat aja samping laptop kalian ada 2 sampai 3 socket warna Hijau,merah dan biru sama juga dengan PC berada di belakang CPU atau yang Casing CPUnya Udah ATX di depan juga ada.
    yang di butuhkan cuma 2 Input Yaitu Input Headphone yang berwarna Hijau dan Mic yang berwarna merah.
  3. Mixer
    Mixer berfungsi untuk mengatur beberapa channel audio yang masuk pada soundcard, ini di butuhkan bila memakai Interface UCA behringer di atas, kurang lebih sekitar 3 sampai 4 channel yang terdapat di mixer Xenyx 302 usb berikut penampakannya.
  4. Mic Dinamic / Mic Headphone
    Mic Dinamic adalah mic yang di pakai pada saat latihan di studio latihan, tapi apa ada mic dinamic yang murah, ada ko saya juga dulu liat di borma banyak merknya yg jelas harganya ga lebih dari 200ribuan sekelas aiwa juga sudah cukup.


    Mic Headphone adalah Mic yang terdapat di samping headphone, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa itu fungsinya sebagai mic. Nah, kabel jack yang warna merah masukin ke soundcard atau mixer kalian untuk memulai pengambilan suara.
  5. Instrument
    Instrumen disini adalah alat musik yang kalian gemari memainkannya seperti alat musik petik Gitar dan Bass harus memiliki spull atau pick up untuk menghubungkan ke soundcard, jika gitar akustik bisa di todong melalui mic. Untuk Instrumen Gitar electrik atau Bass Electrik membutuhkan kabel untuk mengubungkan ke soundcardnya yaitu TRS to TRS lebih bagus lagi pake kabel anti noise untuk menghilangkan suara kotor pada audio yang akan di rekam seperti contoh "ngiiiiiiiing nguuuuuung dan sssssssstttt".

    Kabel Anti noise merk cannare juga sudah cukup lumayan untuk menghilangan desis dan dengung pada noise audio,bila sudah beli kabel anti noise masih ada suara desis dan dengung coba pake cara ampuh para ilmuan listrik yaitu "grounding" yaitu menyempurnakan listrik yang rusak kembali ke tanah, caranya dengan menyiapkan kabel kira-kira panjangnya yang sejarak dari PC/laptop kalian dengan tanah dan satu buah paku beton kira-kira panjangnya sekitar 6cm, kabel yang di gunakan kabel listrik yah bukan kabel audio, tanah disini bukan tanah yang ada di pot dalam rumah kalian yah, tapi tanah dasar bumi yang berada di halaman rumah. Ketika sudah menemukan tanah di halaman  rumah paku yang sudah di lilitkan kabel tadi di tancapkan ke dalam tanah.

    Note : Perlu di ingat ketika menancapkan grounding harus sembari di cek signal audio lewat headphone atau headset ketika mendengarkan lagu, masi ada suara mendesis atau mendengung, karna ketika paku di tancapkan ke tanah, belum tentu noise langsung hilang, hanya beberapa senti atau meter saja noise akan hilang atau sebaliknya malah makin besar,jadi di butuhkan kesabaran dan usaha.

    Setelah Kabel dan paku sudah siap, ikatkan paku dengan ujung kabel dengan cara di lilitkan, lalu ujung lainnya ikatkan pada casing CPU kalian yang terbuat dari besi atau di ikatkan dengan power suply, untuk yang memakai laptop cari bagian laptop yang ada logamnya atau di ikatkan pada charger laptop, usahakan tidak menutup lubang charge pada laptop.

    Ini bertujuan menyempurnakan Listrik rumah kita kembali ke bumi, sehingga meminimalisir adanya kecolongan strum atau istilah kesetrum. Dan Taraaaaa.. hasilnya cukup memuaskan.

SELAMAT MENCOBA BILA ADA PERTANYAAN SILAHKAN DI KOLOM KOMENTAR
TUNGGU TULISAN SAYA SELANJUTNYA TENTANG SOFTWARE DAW CUBASE 5 DAN EDITING

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Speaker Monitor dan Speaker Multimedia